Fobia sosial lebih sering disebut sebagai Social Anxiety Disorder disingkat SAD. Fobia sosial sering sekali terjadi pada remaja yang beranjak dewasa. 

Fobia ini merupakan penyakit psikologis yang diderita seseorang karena pola perilaku yang keliru. 

Atau juga pola perilaku yang dibiasakan oleh kedua orang tuanya. Pola Pendidikan yang keras, penuh dengan ancaman, dengan mengharuskan anak belajar sampai terlampau keras dapat menyebabkan seorang anak mengalami SAD atau fobia sosial. Lebih jelasnya mari kita rincikan mulai dari ciri-ciri, penyebab dan beberapa solusi penyembuhan fobia sosial



Beberapa ciri-ciri yang bisa diamati oleh pihak eksternal untuk mengenali apakah seseorang tersebut fobia sosial ataukah tidak. Atau, jangan-jangan, Anda yang merasa diri Anda tidak memiliki fobia sosial, ternyata juga memiliki fobia sosial. Meskipun, kadar ketakutan bersosial tersebut masih tergolong rendah. Anda perlu tahu, bahwa sesuatu program pikiran negative seperti ketakutan untuk bersosial tentu saja berpeluang membesar. Jika tidak diganti dengan program pikiran yang positif.


Ciri-ciri fobia sosial

  1. Malas bersosial
  2. Mengurung diri di kamar
  3. Tidak suka keramaian
  4. Berusaha menghindari keramaian
  5. Gugup jika bertemu dengan orang banyak
  6. Gugup jika harus berbicara dengan orang asing
  7. Takut berkomunikasi dengan orang banyak
  8. Takut berpidato
  9. Takut melakukan kesalahan di depan orang lain
  10. Takut ditertawakan orang banyak
  11. Takut menyapa orang banyak, meskipun orang tersebut mengenali kita
  12. Takut jika harus berbicara intens dengan orang yang baru dikenal
  13. Tubuh gemetar berlebihan, terutama pada tangan dan kaki,
  14. Wajah memerah saat berosialisasi,
  15. Keluar keringat berlebihan (hiperhidrosis) jika fobia sosialnya muncul
  16. Bicara tidak lancer, terbata-bata, gugup dan gagap
  17. Cemas berlebihan jika harus berbicara di depan umum,
  18. Sering panik


Penyebab Fobia Sosial

  1. Pola perilaku yang dibiasakan keliru
  2. Sengaja mengucilkan diri dari lingkungan
  3. Membatasi pergaulan
  4. Berpikiran sempit
  5. Pola perilaku mengurung diri di kamar
  6. Kecanduan anime

Banyak sekali solusi untuk menghilangkan fobia sosial yang sedang anda alami.

Solusi 1.     Motivator

Solusi ini cocok sekali untuk anda yang mudah diberi motivasi oleh seorang motivator kesukaan Anda. Pada dasarnya, ketakutan hanyalah sebuah program pikiran. Dan program pikiran yang berupa ketakutan bisa berubah dengan motivasi yang berubah. 

Jika motivasi seseorang untuk menjadi lebih dominan daripada motivasi seseorang menjadi takut. Maka motivasi saja terkadang sudah cukup untuk membantu klien mengatasi fobia sosialnya. Menurut saya pribadi, hal semacam ini banyak sekali orang yang mengalaminya. 

Tetapi, untuk anda yang tidak cocok dengan solusi pertama ini. Silahkan solusi yang kedua.

Solusi 2.     Psikolog

Karena motivator gagal memotivasi anda untuk tidak lagi fobia sosial. Maka sudah semestinya anda mencari solusi lain. Solusi yang kedua adalah dating ke psikolog.

Psikolog adalah seorang sarjana psikologi yang telah berhasil lulus program akademik strata satu (sarjana psikologi) dan juga telah berhasil lulus program profesi sebagai psikolog. Maka orang yang baru lulus S1 Psikologi, belum bisa disebut sebagai psikolog, melainkan sarjana psikologi. Untuk membuka praktek sebagai psikolog, seorang sarjana ilmu psikologi harus “sekolah lagi” program profesi sebagai psikolog. Setelah lulus program profesi psikologi, baru orang tersebut sah menjadi seorang psikolog.

Psikolog mempuanya kemampuan dalam penanganan, pencegahan, pendiagnosaan dan pemberian terapi psikologi terhadap klien. Sering kali klien mendapatkan pemamaparan masalah, solusi berdasarkan penelitian ilmiah dan juga saran-saran yang objektif.

Selama klien dapat memahami penjelasan psikolog. 

  • Mampu menjalankan saran-saran yang diberikan oleh psikolog. Klien dapat sembuh. 
  • Biasanya klien tidak hanya datang sekali. Untuk mendapatkan manfaat yang besar dari psikolog, anda tidak cukup hanya datang satu kali selesai. 
  • Ketika anda datang kepada psikolog dengan membawa masalah anda. Anda akan pulang dengan membawa solusi dari psikolog.
  •  Selanjutnya, adalah tugas anda sendiri yang menjalankan solusi tersebut. 
  • Jika tidak anda jalankan, anda teteap memiliki masalah psikologi.

Karena anda tidak hanya datang satu dua kali kepada psikolog. Siapkan dana yang cukup untuk membayar jasa psikolog Anda.

Solusi 3.     Psikiter

Selanjutnya, jika psikolog tidak cukup bagi anda. Maka solusi selanjutnya yang lebih meyakinkan untuk anda adalah seorang psikiater. psikiater adalah dokter spesialis yang telah lulus S1 Kedokteran, telah lulus pendidikan profesi sebagai dokter dan juga telah lulus pendidikan spesialisasi kedokteran jiwa.

Perbedaan mendasar antara psikolog dan psikiater adalah obat. Psikolog tidak akan memberi anda obat medis. Sedangkan psikiater punya kapasitas untuk memberi anda resep obat medis.

Waktu : untuk mendapatkan hasil yang maksimal menghilangkan fobia yang anda miliki. Anda harus siap bolak-balik ke psikiater. Jika fobia anda sangat parah. Maka bisa memakan waktu yang cukup lama. Tidak Cuma seminggu, sebulan, setahun. Saya pernah menolak klien yang mau terapi dengan saya. Karena dia sudah terapi kepada psikiater lebih dari setahun. Dan dia berencana melanjutkan terapinya sampai dia sembuh. Maka, saya memberi pilihan. Kalua ingin terapi dengan saya, silahkan putuskan terapi yang anda jalani dengan psikiater. Kalua sudah berhenti terapi dengan psikiater, baru saya mau melayaninya. Ini kode etik saya.

Setelah semua solusi sudah ada, tinggal Anda pilih. Motivator? Psikolog? Psikiater?

Jika masih tidak sembuh juga. Ada pilihan lain.

Solusi 4.     Audio Terapi Fobia 

Toko Terapi Fobia menyediakan audio terapi fobia dengan pilihan-pilihan beragam. Dengan harga terjangkau.

Varian Audio Terapi Fobia
  • Berdamai dengan Fobia
  • Sugesti Otoritas
  • Gambaran Mental
  • Tabrakan Fobia
  • Tombol Fobia
  • Merdeka dari Fobia
Keuntungan
  • Cukup dengarkan dari mana saja
  • Tanpa perlu bertemu terapis
  • Tanpa perlu biaya mahal
  • Hemat waktu 
  • Hemat biaya

Solusi 5.     Belajar Ilmu Terapi Fobia

TerapiFobia.com beberapa tahun lalu menjalankan Workshop Privat untuk yang ingin menyembuhkan fobia, sekaligus belajar metode penyembuhan fobia.

Kamu belajar secara intensif selama 2x24 jam, sekaligus praktek menyembuhkan diri sendiri. Sehingga, seberapa besar kemampuan kamu dalam menyembuhkan fobia, kamu bisa mengukurnya sendiri. Karena efeknya kamu rasakan secara langsung.

Biasanya, orang yang mengikuti Kelas Terapi Fobia ini adalah para orang tua yang memiliki anak penderita fobia. Karena merasa iba anaknya menjadi bahan bullyan. Menjadi korban bullying.

Para orang tua baik ini belajar dengan sungguh-sungguh. Sehingga tak jarang, dalam beberapa jam sesi kelas terapi fobia. Mereka sudah mampu menguasai ilmu terapi fobia.

Namun, karena pandemi corona. Program ini terdelay. Entah sampai kapan kelas terapi fobia ditutup. Saya belum bisa memastikan.

Solusi 6.     Terapi Fobia Privat

Terapi fobia,com sudah saya dirikan sejak 2016. Sudah tak terhitung klien dengan berbagai problema psikologisnya. 

  • Fobia sosial, 
  • fobia hantu, 
  • fobia gelap, 
  • fobia menikah, 
  • fobia mertua, dan 
  • berbagai fobia aneh yang tidak pernah anda pikirkan sebelumnya. 
Berhasil saya tangani. 

Terapi fobia menggunakan metode sugesti. Bersama saya, anda akan mengganti program pikiran anda sesuai keinginan anda. 

Fobia adalah program pikiran yang tertanam dalam pikiran bawah sadar. 

Pikiran bawah sadar adalah tempat dimana kebiasaan, pola piker, keyakinan, ketakutan dan semua yang menyangkut perilaku anda. Semua ada dalam pikiran bawah sadar anda. Untuk menghilangkan fobia yang anda miliki. Anda akan saya bawa untuk mengakses pikiran bawah sadar, kemudin mengedit pikiran anda. Program pikiran yang tadinya berbunyi, “saya takut bersosial.” Kita edit menjadi, “saya sekarang lebih nyaman untuk bersosial dengan siapapun.”

Program fobia kita ganti menjadi program keberanian, kenyamanan, dan netral terhadap segala hal.

Program ini ditutup sementara selama pandemi corona masih ada.

Semoga cepat berlalu.